Kamis, 12 September 2013

Renungan Hari Kamis Biasa XXIII-C

Renungan Hari Kamis Biasa XXIII, Thn C/I
Bac I   : Kol 3: 12 – 17; Injil            : Luk 6: 27 – 38

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara soal ciri murid Yesus. Yang utama dalam menjadi murid Yesus adalah kasih, kelemahtembutan dan kebaikan. Inilah yang diajarkan Yesus dalam Injil hari ini. Yesus meminta kepada siapa saja yang mengaku murid-Nya untuk melaksanakan hal itu dalam kehidupan sehari-hari kepada siapa saja. Prinsipnya adalah, “sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.” (ay. 31).

Ajaran Yesus ini ditegaskan kepada oleh Paulus dalam bacaan kedua. Dalam suratnya kepada Jemaat di Kolese, Paulus meminta mereka untuk mengenakan “belas kasih, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.” (ay. 12). Dengan kebajikan-kebajikan inilah maka orang lain akan mengenal mereka sebagai anggota tubuh Kristus.

Hari ini, melalui sabda-Nya, Tuhan mau mengingatkan kita akan tugas dan kewajiban kita sebagai murid Kristus. Sebagai murid-Nya kita diminta untuk senantiasa menampilkan identitas kita. Dalam sabda Tuhan hari ini, Tuhan tidak menghendaki agar tampilan identitas kita hanya sebatas ungkapan saja bahwa saya orang kristen, murid Kristus, atau sebatas KTP saja. Tuhan menghendaki supaya tampilan identitas itu terlihat dalam perbuatan. Pertanyaan bagi kita sekarang: Sudahkah kita menampilkan identitas kita sebagai murid Yesus?

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar