Rabu, 20 Maret 2013

Orang Kudus 20 Maret: St. Sebastianus Torino

Beato sebastianus torino, pengaku iman
Sebastianus berasal dari keluarga miskin. Cita-citanya hanya satu, yakni menjadi seorang imam yang mengabdikan diri pada Allah dan Gereja. Untuk itu ia mengikuti pendidikan di seminari.

Banyak sekali rintangan yang dia alami terutama karena kelemahan daya tangkapnya terhadap pelajaran-pelajaran yang diberikan. Ia menyadari kelemahannya ini. untuk mengatasinya, ia melipatgandakan usaha belajarnya untuk memahami semua pelajaran yang ada. Jerih payahnya tidaklah mengecewakan karena akhirnya ia berhasil mencapai apa yang dicita-citakannya.

Setelah ditahbiskan menjadi imam, Sebastianus ditugaskan di Torino. Dalam karyanya, ia dikenal sebagai seorang imam yang rajin, sabar, bijaksana dan penuh cinta kepada umatnya. Bagi tarekatnya kehadirannya sangat menguntungkan. Sekurang-kurangnya tarekatnya memperoleh seorang tokoh panutan dalam perbuatan-perbuatan baik.

Tuhan mengaruniakan kepadanya kemampuan membuat mujizat dan keberhasilan dalam karya sebagai seorang imam. Ketika dia diminta menjadi Uskup Torino, ia dengan rendah hati menolak tawaran itu. Ia lebih suka menjadi imam biasa yang berkarya di tengah umat. Prinsipnya dalam karya sebagai imam ialah “Menjadi abdi Tuhan berarti mendahulukan kepentingan Tuhan dan kerajaan-Nya daripada kepentingan dan keinginan pribadi.” Setelah berkarya selama 60 tahun Sebastianus meninggal dunia pada tahun 1740.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar