Sabtu, 02 Februari 2013

Renungan Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah

Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah Thn C/I
Bac I : Ibr 2: 4 – 8; Injil       : Luk 2: 22 – 32

Bacaan Injil hari ini sesuai dengan pesta yang kita rayakan, yaitu Yesus dipersembahkan di kenisah. Bacaan Injil mengisahkan hal tersebut. Tokoh penting dalam kisah ini, selain Yesus itu sendiri, adalah Simeon, "seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel." (ay. 25). Yang menarik dari tokoh ini adalah pernyataannya tentang diri Yesus. Ia menegaskan kembali apa yang sudah pernah dikatakan oleh para nabi jaman Perjanjian Lama.

Dengan tegas Simeon menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias yang dinantikan bangsa Israel. Yesus adalah penyelamat. (ay. 30 - 32). Pernyataan Simeon ini kembali dipertegas oleh penulis Surat Kepada Orang Ibrani, dalam bacaan pertama tadi. Yesus datang ke dunia untuk menyelamatkan umat manusia dari kuasa maut, yaitu iblis. Dan penyelamatan itu dilakukan dengan kematian-Nya. (ay. 14). Dengan kematian Yesus, " Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut." (ay. 15).

Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita bahwa Yesus adalah sungguh penyelamat. Dan jika kita sudah sadar, maka hendaklah kita seperti Simeon yang merasa gembira sampai-sampai kematian bukan lagi sebagai sesuatu yang menakutkan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar