Senin, 15 Oktober 2012

Renungan Hari Senin Biasa XXVIII - Thn II

Renungan Hari Senin Pekan Biasa XXVIII B/II
Bac I  Gal 4: 22 – 22, 26 – 27, 31 – 5: 1 ; Injil    Luk 11: 29 – 32

Tanda. Iman dan tanda, inilah topik yang dibicarakan dalam Injil hari ini. Iman kepercayaan selalu dikaitkan dengan tanda. Tanpa tanda tidak ada iman dan kepercayaan. Sikap inilah yang tumbuh dalam diri orang Israel waktu itu. Padahal di hadapan mereka sudah hadir tanda yang sangat besar. Namun persoalannya adalah tanda itu harus sesuai dengan pola pikir mereka.

Sikap inilah yang dikritik oleh Yesus. Bukan hanya sikap menuntut tanda saja yang dikecam, melainkan juga sikap mengatur tanda yang sesuai dengan keinginan. Berbagai tanda yang sudah dihadirkan Yesus tidak mengusik iman mereka karena tidak sesuai dengan keinginan mereka. Terbersit dalam sikap ini adalah sikap mau mengatur atau mengendalikan Allah.

Lewat Injil hari ini Tuhan mau mengajak kita untuk beriman kepada-Nya tanpa dipengaruhi soal tanda. Bukankah iman itu sendiri berarti sikap berserah diri kepada Tuhan sehingga yang terjadi pada diri kita adalah kehendak Tuhan dan bukannya kehendak kita? Bagi kita Yesus itu merupakan tandanya.

Inilah yang direfleksikan oleh Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Galatia. Paulus melihat bahwa kita adalah anak-anak merdeka. Kemerdekaan itu ddalam permenungan Paulus berawal dari keturunan Sarah dan Abraham yang memenuhi janji Allah. Janji Allah itu juga terpenuhi dalam diri Yesus Kristus. Oleh karena itulah, dalam Yesus, kita adalah anak-anak merdeka.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar