Rabu, 11 Juli 2012

Renungan Hari Rabu Biasa XIV - Thn II


Renungan Hari Rabu Biasa XIV B/II
Bac I    Hos 10: 1 – 3, 7 – 8, 12 ; Injil    Mat 10: 1 – 7

Dalam Injil hari ini dikisahkan bahwa Yesus memilih kedua belas murid dan mengutus mereka untuk mewartakan: Kerajaan sorga sudah dekat. Warta “kerajaan sorga sudah dekat” ini juga merupakan misi Yesus. Karena itu, bisa dikatakan bahwa para murid yang dipilih Yesus mengambil tugas Yesus, atau meneruskan dan menyebarkan misi Yesus. Dengan kata lain, Yesus mendelegasikan tugas-Nya kepada para murid-Nya.

Kalau diperhatikan baik-baik, tampak bahwa tugas mewartakan kerajaaan sorga itu hanya dikhususkan kepada umat Israel. Dengan tegas Yesus melarang para murid-Nya agar tidak keluar dari lingkup bangsa Israel. Pertanyaan muncul di sini, di mana letak universalitas pewartaan Yesus. Karena dari perintah-Nya kepada para murid sudah jelas bahwa warta-Nya bersifat eksklusif.

Kisah pemilihan dan pengutusan para murid ini tidak bisa dijadikan landasan sifat pewartaan Yesus yang eksklusif atau universal. Kisah ini tak bisa dipisahkan dari konteksnya. Masa karya Yesus, sebelum sengsara – wafat – bangkit dan naik ke surga,  sangatlah singkat. Perkenalan-Nya dengan para murid juga baru terjadi dalam waktu yang singkat. Bisa dikatakan bahwa mereka baru berkenalan sekitar beberapa bulan.

Agar pesan yang mau disampaikan bisa lebih efektif dan efisien, maka dibutuhkan fokus. Fokus itu ada pada wilayah atau tempat. Semakin sempit daerahnya, maka semakin efektif dan efisienlah pesan yang disampaikan. Inilah yang dimaui Yesus. Oleh karena itulah, Ia meminta para murid-Nya agar warta itu terfokus pada umat Israel saja dulu. Itulah prioritas yang utama dan pertama.

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk belajar fokus pada sesuatu yang penting dan berguna bagi kehidupan kita. Dengan memfokuskan diri pada sesuatu yang dianggap penting, maka sesuatu itu akan dengan sangat mudah diraih. Fokus berguna demi tercapainya efektifitas dan efisiensi dalam hidup.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar