Rabu, 19 Februari 2020

PAUS FRANSISKUS: PENGAMPUNAN MEMBUAT KITA SEHAT

Meskipun penyembuhan menjadi hal utama dalam pelayanan Yesus, Paus Fransiskus mengatakan bahwa Yesus selalu memulainya dengan tindakan penting yaitu mengampuni dosa orang-orang yang memohon bantuan kepada-Nya. “Yesus mengajari kita untuk mengutamakan hal yang esensial,” demikian kata Paus Fransiskus dalam kotbahnya saat misa bersama umat di St. Martha House di Kota Vatikan pada 17 januari 2020.
“Yang penting adalah kesehatan, lengkap (antara) tubuh dan jiwa,” lanjut Paus Fransiskus. Pernyataan itu disampaikan saat mengomentari bacaan dari Injil Markus yang memberikan penjelasan tentang penyembuhan dan pengampunan Yesus bagi seorang lumpuh di kota Kapernaum. Paus Fransiskus mencatat bahwa Yesus pertama-tama mengatakan, “Anak-Ku, dosamu sudah diampuni,” dan kemudian menyembuhkan orang itu untuk memberikan pelajaran kepada mereka yang telah berkumpul untuk melihat dia.
“Penyembuhan fisik adalah anugerah, kesehatan fisik adalah anugerah yang harus kita jaga,” ujar Paus Fransiskus. “Tetapi Tuhan mengajarkan kita bahwa kita harus menjaga kesehatan hati kita – kesehatan rohani kita – juga,” tambah Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus mengatakan tidaklah cukup untuk secara umum mengakui bahwa semua orang adalah pendosa karena hal itu menghilangkan pengetahuan (seseorang atas dosanya) dan konsekuensi tentang perlunya penyembuhan. Sama seperti orang mencari dokter ketika menderita penyakit fisik, ketika menderita secara rohani, “kita pergi ke dokter yang dapat menyembuhkan kita, yang dapat mengampuni dosa-dosa kita. Yesus datang karena alasan ini, Dia memberikan hidup-Nya untuk memngampuni dosa-dosa kita.”
Karena itu, Paus Fransiskus menegaskan, “Hari ini Yesus berkata kepada kita masing-masing: Aku ingin mengampuni dosa-dosamu.
diolah dari Katolik News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar