Sabtu, 06 Desember 2014

Renungan Hari Sabtu Adven I - B

Renungan Hari Sabtu Adven I, Thn B/I
Bac I    Yes 30: 19 – 21, 23 – 26; Injil         Mat 9: 35 – 10: 1, 6 – 8;

Hari ini sabda Tuhan ingin menyampaikan topik Allah yang peduli. Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Nabi Yesaya, diungkapkan bahwa Allah begitu peduli kepada umatnya. Dikatakan bahwa Allah akan mengasihi umatnya sehingga mereka tak perlu lagi menangis atau berseru-seru. Kepedulian Allah ini kembali ditegaskan Yesaya dengan mengatakan bahwa “Tuhan membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan bekas pukulan.” (ay. 26). Jadi, terlihat kalau Allah peduli pada umatnya; Dia tak mau membiarkan mereka hidup telantar.

Hal yang sama terlihat juga dalam Injil hari ini. Dikatakan bahwa ketika berkeliling ke semua kota dan desa, hati Tuhan Yesus oleh belas kasihan kepada banyak orang. Tuhan Yesus melihat mereka seperti “domba yang tidak bergembala.” (ay. 36). Tuhan Yesus begitu peduli kepada umat yang telantar. Akan tetapi, Tuhan Yesus tidak mau keprihatinan itu hanya menjadi milik-Nya sendiri. Yesus membagikan kepada para murid-Nya. Oleh karena itu, Tuhan Yesus memanggil kedua belas murid-Nya untuk melanjutkan karya kepedulian-Nya.

Adven adalah masa penantian. Dalam masa penantian ini kita diajak untuk mempersiapkan diri menyongsong kedatangan Tuhan, baik di masa depan maupun di saat natal. Persiapan yang diutamakan adalah persiapan hati. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk peduli kepada sesama. Tuhan sudah memberi contoh. Sabda Tuhan sudah menyatakan bahwa Tuhan adalah Allah yang peduli kepada umat manusia yang kecil, miskin, hina, tersinggkir dan tertindas. Melalui sabda-Nya, Tuhan menghendaki supaya kita ambil bagian dalam kepedulian Allah ini. Inilah bekal persiapan kita menyambut kedatangan Tuhan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar