Sabtu, 05 Juli 2014

Renungan Hari Sabtu Biasa XIII - Thn II

Renungan Hari Sabtu Biasa XIII, Thn A/II
Bac I    Amos 9: 11 – 15; Injil             Mat 9: 14 – 17;

Bacaan pertama hari ini mau berbicara tentang rencana Allah yang hendak membangun kembali kerajaan Daud yang telah roboh (ay. 11) atau memulihkan kembali umat Israel (ay. 14).  Namun perlu diperhatikan juga adalah tanggapan dari umat Israel sendiri. Sangat diharapkan supaya mereka “membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya, … menanami kebun-kebun anggur…, membuat kebun-kebun buah-buahan.” (ay. 14). Ada keselarasan antara rencana Allah dan aksi umat-Nya.

Soal keselarasan ini jugalah yang ditekankan dalam Injil hari ini. Ketika murid-murid Yohanes bertanya soal kebiasaan puasa yang berbeda antara mereka dengan para murid Yesus, Tuhan Yesus menyampaikan pengajaran-Nya soal keselarasan. Anggur yang baru harus disimpan di kantong kulit yang baru agar dengan demikian, baik anggur dan kantongnya akan terpelihara (ay. 17). Yesus adalah anggur baru. Menerima Dia menuntut pembaruan diri dan hidup. Inilah yang hendak disampaikan Tuhan Yesus.

Sabda Tuhan hari ini mengajari kita tentang keselarasan dalam hidup. Melalui sabda-Nya Tuhan menghendaki supaya kita menjaga keselarasan dalam hidup. Jangan hanya menekankan satu aspek dan mengabaikan aspek lainnya. Misalnya, kita sudah menerima Yesus dalam hidup, maka hidup kita juga harus menyesuaikan dengan hidup Yesus. Atau contoh lain, ketika kita mendapat status hidup baru (misalnya sudah menikah), maka kita harus hidup selaras dengannya. Demikian pula keselarasan dalam rencana Allah dalam hidup kita. Tuhan Allah sudah merencanakan hidup bahagia bagi kita. Karena itu, kita hendaknya berusaha untuk mewujudkannya, bukan dengan merusakkannya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar