Rabu, 02 Juli 2014

Renungan Hari Rabu Biasa XIII - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa XIII, Thn A/II
Bac I    Amos 5: 14 – 15, 21 – 24; Injil          Mat 8: 28 – 34;

Injil hari ini mengisahkan pengusiran roh jahat atas dua orang di daerah Gadara. Dikatakan bahwa dua orang tersebut sangat berbahaya sehingga orang di kampung itu takut pada mereka. Dalam Injil tidak terlihat bahwa Tuhan Yesus mengusir roh jahat itu, melainkan mempersilahkan mereka pergi sesuai dengan kemauan mereka. Peristiwa pengusiran ini menjadi berita heboh di kampung itu. Mereka tahu bahwa Yesus datang membawa kebaikan (roh jahat diusir). Akan tetapi, mereka justru menolak-Nya. “Merekapun mendesak, supaya Ia meninggalkan daerah mereka.” (ay. 34). Menolak Yesus berarti menolak juga warta kebaikan yang ditawarkan-Nya.

Sikap orang-orang Gadara di atas sangat bertentangan dengan pesan Kitab Nabi Amos dalam bacaan pertama hari ini. Secara eksplisit Amos menasehati pembacanya untuk mencari “yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup.” (ay. 14). Kitab Amos menegaskan bahwa Allah sangat mengharapkan tegaknya keadilan dan kebenaran (24). Karena itu, Allah menghendaki agar umatnya senantiasa mengusahakan keadilan dan kebenaran dalam hidupnya.

Sabda Tuhan hari ini pertama-tama menyadarkan kita bahwa Tuhan menghendaki adanya keadilan dan kebenaran dalam hidup manusia. Manusia mempunyai kedudukan yang sama di mata Tuhan. Tuhan mau agar tidak ada penyingkiran satu sama lain. Hanya setan saja yang menghendaki supaya manusia saling menyingkirkan. Karena itu, Tuhan datang ingin menyingkirkan roh jahat yang mengasingkan manusia dari lingkungannya (seperti dalam kisah Injil). Maka dari itu, Tuhan menghendaki kita untuk selalu mencari dan melaksanakan kebaikan dan kebenaran. Hendaklah kita menyingkirkan kuasa jahat yang menuntun kita hidup dalam sikap benci dan permusuhan dengan sesama.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar