Minggu, 06 April 2014

Renungan Hari Minggu Prapaskah V - A

Renungan Hari Minggu Prapaskah V, Thn A/I
Bac I : Yeh 37: 12 – 14; Bac II :  Rom 8: 8 – 11;
Injil       : Yoh 11: 1 – 45

Hari ini kita memasuki pekan prapaskah V. Tidak lama lagi masa prapaskah berakhir dan kita masuk ke dalam alam paskah. Menyambut paskah berarti menyambut kebangkitan Yesus. Tema bacaan liturgi hari ini adalah kebangkitan. Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Yehezkiel, Allah berfirman bahwa Dia akan membangkitkan umat dari kubur. “Aku akan memberikan Roh-Ku ke dalam kamu, sehingga kamu hidup kembali.” (ay. 14). Di sini Yehezkiel mau mengatakan bahwa sumber kebangkitan itu adalah Allah.

Injil juga membahas soal kebangkitan, secara khusus kebangkitan Lazarus. Akan tetapi, lewat peristiwa kebangkitan itu, Yesus memperkenalkan Diri-Nya sebagai kebangkitan. “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati.” (ay. 25). Di sini mau dikatakan bahwa Yesus adalah sumber kebangkitan. Hal ini mau menunjukkan sisi keallahan Yesus.

Dalam bacaan kedua, yang diambil dari Surat Paulus kepada Jemaat di Roma, Paulus merefleksikan tema kebangkitan ini. Bagi Paulus dosa menyebabkan kematian dalam hidup manusia. Akan tetapi, kebangkitan Yesus telah mengalahkan kuasa maut itu. Paulus memperlihatkan sisi trinitas sumber kebangkitan: kalau bacaan pertama menampilkan Allah (Bapa) dan Injil menampilkan Yesus sebagai Allah Putera, maka Paulus menampilkan Roh Kudus. Roh inilah yang akan menghidupkan kita yang fana (ay. 11).

Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa sumber kebangkitan itu ada pada Allah Trinitas: Bapa, Putera dan Roh Kudus. Allah akan membangkitkan kita dari kematian dosa-dosa kita. Namun pada kita dituntut kepercayaan kepada-Nya. Hal inilah yang diminta Yesus kepada Martha, “Percayakah engkau akan hal ini?” (ay. 26). Pertanyaan Yesus kepada Martha menjadi pertanyaan Yesus kepada kita. Kepada kita pun diminta kepercayaan, sehingga rahmat kebangkitan itu berkarya dalam hidup kita. Dan inilah yang dikehendaki Tuhan melalui sabda-Nya hari ini. Semoga di masa persiapan kita menyongsong kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus, iman kepercayaan kita semakin dikuatkan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar