Rabu, 22 Januari 2014

Renungan Hari Rabu Biasa II - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa II, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 17: 32 – 33, 37, 40 – 41; Injil   : Mrk 3: 1 – 6

Dalam bacaan pertama dikisahkan pertempuran Daud melawan raksasa Filistin yang dikenal dengan nama Goliat. Banyak orang, termasuk Raja Saul, meragukan kemampuan Daud dalam berperang, apalagi melawan orang yang sudah puluhan tahun berperang. Keraguan itu kiranya beralasan, karena Daud tidak memiliki latar belakang militer. Dia sama sekali tidak punya pengalaman berperang. Namun Daud yakin bahwa Tuhan menyertainya. “Aku mendatangi engkau dengan nama Tuhan semesta alam...” (ay. 45).

Injil bercerita tentang pertentangan antara Yesus dengan orang Farisi dan orang-orang Herodian. Mereka berusaha mencari-cari kesalahan Yesus agar dapat “membunuh Dia.” (ay. 6). Di sini diperlihatkan sikap kaku orang Farisi dan orang Herodian terhadap hukum Taurat. Sementara Yesus membela kebaikan dan kehidupan, meski untuk itu aturan Taurat diabaikan. Yesus tidak takut karena Ia benar.

Di mana saja kita berada, pastilah aturan ada. Tak jarang kita dihadapkan pada pilihan sulit bila berurusan dengan peraturan. Kita takut atau malu disalahkan bila melanggar aturan, sekalipun kita memiliki alasan yang kuat dan benar. Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita untuk tidak perlu takut atau malu. Jika memang kita benar dan keputusan kita itu baik untuk kepentingan umum, sekalipun bertentangan dengan aturan, kita dapat bersikap seperti Daud atau Yesus. Tuhan menghendaki supaya kita membela kehidupan dan nilai-nilai kemanusia daripada hanya sekedar butir-butir aturan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar