Rabu, 04 Desember 2013

Renungan Hari Rabu Adven I - A

Renungan Hari Rabu Adven I, Thn A/II
Bac I   : Yes 25: 6 – 10a; Injil       : Mat 15: 29 – 37

Bacaan pertama yang diambil dari Kitab Nabi Yesaya mengemukakan nubuat Yesaya tentang hari Tuhan yang telah tiba. Hari Tuhan, atau yang dikenal juga dengan hari keselamatan digambarkan dengan sangat indah oleh Yesaya. Di sana hanya ada kebahagiaan, tidak ada lagi duka dan air mata. Tuhan sudah menghapusnya. Tidak ada penderitaan. Tuhan sudah “meniadakan maut untuk seterusnya.” (ay. 8). Yang ada hanya suka dan bahagia.

Dalam Injil diungkapkan bahwa Yesus memberi pelajaran kepada para murid-Nya bagaimana menghapus duka dan derita sesama. Lewat kisah pengalaman pergandaan roti, Yesus mengajarkan mereka bahwa lewat berbagi maka semua akan merasakan kenikmatan yang sama. Seperti yang dikatakan dalam Injil, “mereka semuanya makan sampai kenyang.” (ay. 37). Lewat berbagi maka tidak ada yang berkekurangan, malah mereka hidup dalam kelimpahan.

Salah satu akar penderitaan dalam hidup di dunia ini adalah semangat egoisme. Semangat ini membuat manusia hidup untuk dirinya sendiri dan tidak mau peduli akan nasib dan derita orang lain. Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk mau berbagi dengan sesama kita sehingga dengan demikian tidak ada di antara kita yang menderita kekerangan. Dengan semangat berbagi ini, secara tidak langsung kita sudah menikmati hari keselamatan Tuhan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar