Jumat, 16 Agustus 2013

Renungan Hari Jumat Biasa XIX-C

Renungan Hari Jumat Biasa XIX, Thn C/I
Bac I   : Yos 24: 1 – 13; Injil         : Mat 19: 3 – 12

Sabda Tuhan dalam Injil hari ini sangat menarik untuk direnungkan. Tema umumnya adalah tentang perkawinan atau menikah. Dari pernyataan Yesus, kita dapat menarik beberapa kesimpulan tentang perkawinan untuk kepentingan para imam, biarawan dan biarawati serta untuk kaum awam.

Yang pertama sekali harus disadari adalah bahwa menikah itu merupakan suatu panggilan hidup, bukan keharusan. Demikian juga sebaliknya. Orang tidak menikah bukan karena tidak laku, melainkan karena ada beberapa sebab. Yesus memberikan tiga alasan: cacat dari lahir, dibuat orang sehingga tidak bisa nikah atau karena tujuan luhur (demi kerajaan Allah). Untuk alasan ketiga inilah dapat dilihat bahwa menikah itu sungguh suatu panggilan hidup. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa para imam, biarawan dan biarawati tidak menikah.

Menikah atau tidak menikah sebagai suatu panggilan hidup merupakan kehendak Allah. Semuanya berawal dan tertuju kepada Allah. Hal ini dapat dilihat juga dalam bacaan pertama. Yosua mengisahkan kembali perjalanan hidup bangsa Israel yang tak pernah lepas dari peran serta Allah. Satu hal yang hendak ditekankan adalah KESETIAAN. Kepada orang Israel, Allah mengharapkan kesetiaan mereka pada-Nya. Demikian juga, jika pilihan hidup kita menikah atau tidak menikah, diharapkan untuk tetap setia pada jalan hidup yang sudah dipilih.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar