Senin, 10 Juni 2013

Renungan Hari Senin Biasa X-C

Renungan Hari Senin Biasa X, Thn C/I
Bac I   : 2Kor 1: 1 – 7; Injil            : Mat 5: 1 – 12

Tema sabda Tuhan hari ini adalah jangan takut dianiaya karena kebenaran, dicela, disiksa juga difitnah karena Yesus; berbahagialah! Hal ini ditekankan dalam Injil. Yesus mengajak para murid-Nya untuk selalu mengusahakan kebaikan, damai, kasih dan kebenaran, meski untuk itu dibutuhkan pengorbanan. Untuk menghibur, Yesus berkata, “Berbahagialah!”

Apa yang diminta Yesus, itulah yang dilaksanakan Paulus. Dalam suratnya yang kedua kepada jemaat di Korintus, Paulus menasehati jemaat untuk tidak takut menderita demi pengajaran Kristus. Dia sendiri sudah mengalaminya. Dan di tengah penderitaan dan kesusahan itu, Paulus masih sempat menghibur. Paulus menghendaki agar umat juga saling menghibur satu sama lain.

Karena itu, pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita senantiasa berbahagia sekalipun tantangan selalu menghadang. Tuhan menghendaki agar kita mau ambil bagian dalam penderitaan Kristus dalam menegakkan kebaikan, keadilan, damai, kasih dan kebenaran. Untuk itu, kita tak peru takut menghadapi aniaya, celaan, hinaan dan fitnah. Agar kita tetap kuat, maka hendaklah kita saling menghibur, sebagaimana yang pernah dicontohkan Paulus kepada jemaat di Korintus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar