Senin, 04 Februari 2013

Renungan Hari Senin Biasa IV-C

Renungan Hari Senin Biasa IV, Thn C/I
Bac I : Ibr 11: 32 – 40; Injil       : Mrk 5: 1 – 20

Bacaan Injil hari ini mengisahkan penyembuhan orang yang kerasukan roh jahat di Gerasa. Roh jahat itu berhasil diusir keluar dan berpindah ke sekumpulan babi. Akhirnya kawanan babi itu terjun "ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya." (ay. 13).

Yang menarik untuk direnungkan adalah sikap para peternak dan orang-orang di kota itu. "Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras." (ay. 15). Mereka ini dihadapkan pada dua pilihan: orang yang sudah waras atau babi yang tewas. Nilai pilihannya adalah nilai kemanusiaan atau nilai ekonomi. Jika mereka memilih nilai kemanusiaan, maka mereka menerima Yesus, yang berada di balik semua peristiwa itu. Jika mereka memilih nilai ekonomi, maka mereka menolak Yesus.

Akhirnya orang-orang ini memilih nilai ekonomi. "Mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka." (ay. 17). Ternyata nilai ekonomi lebih berharga daripada nilai kemanusiaan.

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita agar tidak seperti orang-orang Gerasa. Kita harus menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Janganlah nilai kemanusiaan ini dikalahkan oleh nilai-nilai lainnya. Ajaran Tuhan ini sejalan dengan apa yang ditekankan oleh penulis Surat Kepada Orang Ibrani dalam bacaan pertama tadi. Iman mengalahkan segala-galanya. Iman yang teguh membuat banyak orang tidak takut menghadapi siksaan, ejekan, deraan, belenggu atau penjara, "sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita." (ay. 40).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar