Rabu, 20 Februari 2013

Renungan Hari Rabu Prapaskah I-C

Renungan Hari Rabu Prapaskah I, Thn C/I
Bac I : Yun 3: 1 – 10; Injil       : Luk 11: 29 – 32

Yesus diminta untuk memberikan tanda dari diri-Nya. Entah tanda apa yang dimaksud. Namun Yesus hanya memberikan tanda Nabi Yunus (ay. 29). Tentulah orang akan bertanya tanda apa itu? Yesus mengaitkan Nabi Yunus sebagai tanda dengan orang-orang Niniwe (ay. 30).

Tentang Nabi Yunus dan orang Niniwe diungkapkan jelas dalam bacaan pertama. Di sana tampak bahwa orang-orang Niniwe adalah orang-orang yang berdosa. Kehadiran Nabi Yunus di tengah mereka membawa perubahan. Mereka bertobat dan kembali kepada Allah sehingga Allah tidak jadi melaksanakan hukuman-Nya bagi orang Niniwe (ay. 10).

Setelah memahami kisah Nabi Yunus dan orang Niniwe ini, umat akhirnya disadarkan bahwa sebagaimana kehadiran Yunus membawa perubahan (pertobatan), demikian pula halnya dengan kehadiran Yesus. Karena itulah Yesus dengan tegas mengatakan, "sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!" (ay. 32).

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk bertobat. Kita sudah menerima Kristus dalam hidup kita. Hendaknya penerimaan itu membawa konsekuensi perubahan atau pertobatan dalam diri kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar