Jumat, 01 Februari 2013

Renungan Hari Jumat Biasa III-C

Renungan Hari Jumat Biasa III, Thn C/I
Bac I : Ibr 10: 32 – 39; Injil       : Mrk 4: 26 – 34

Dalam Injil hari ini Yesus menjelaskan tentang Kerajaan Allah dengan perumpamaan tumbuh-tumbuhan. Semua tumbuhan berawal dari benih yang kecil yang ditaburkan di tanah. Dari benih itulah akhirnya tumbuh menjadi tumbuhan besar yang menghasilkan buah. Bagaimana hal itu bisa terjadi tak semua orang mengetahuinya. (ay. 27).

Dalam perumpamaan itu Yesus mau menekankan tiga hal, yaitu proses, dan dalam proses ada ketekunan, dan dari ketekunan menghasilkan buah. Tiga hal ini juga yang ditekankan oleh penulis Surat Kepada Orang Ibrani. Penulis mengingatkan orang Ibrani bahwa dengan menerima terang, yaitu Kristus, dalam hidup, mereka menghadapi banyak penderitaan (ay. 32 - 34). Namun penulis juga mengajak jemaat untuk hidup tekun dalam kehendak Allah agar kelak "memperoleh apa yang dijanjikan itu." (ay. 36).

Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa untuk mencapai kebahagiaan kekal itu harus membutuhkan proses dan ketekunan. Proses dan ketekunan inilah yang akhirnya melahirkan buah kebahagiaan itu. Dan seperti kata penulis Surat Kepada Orang Ibrani, dalam proses dan ketekunan itu hendaknya "janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu." (ay. 35).

Sabda Tuhan ini dapat juga kita terapkan dalam kehidupan duniawi kita. Tentu kita ingin bahagia atau berhasil dalam tugas dan pekerjaan. Kita menginginkan keberhasilan. Untuk semuanya ini sabda Tuhan mengajarkan kita bukan dengan cara instan. Keberhasilan atau kesuksesan diperoleh melalui proses dan perjuangan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar