Kamis, 03 Januari 2013

Renungan Hari Kamis Natal II-C

Renungan Hari Kamis Natal II, Thn C/I
Bac I : 1 Yoh 2: 29 – 3: 6; Injil       : Yoh 1: 29 – 34

Titik temu sabda Allah dalam bacaan pertama dan Injil adalah status anak Allah. Dalam bacaan pertama, Yohanes menyebut kita sebagai anak-anak Allah (ay. 1). Gelar itu kita dapat karena kasih Allah kepada kita, yang mengangkat diri kita menjadi anak-Nya. Sedangkan dalam Injil, yang mendapat gelar anak Allah adalah Yesus. Gelar itu didapat Yesus dari Yohanes Pembaptis, karena ia melihat "Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya." (ay. 32).

Anak Allah adalah tema utama sabda Tuhan hari ini. Sekalipun sama, namun subyeknya berbeda: Kita dan Yesus. Meski kita sama-sama anak Allah, akan tetapi antara kita dan Yesus ada perbedaan. Perbedaannya adalah dalam dosa. Ya, Yesus sama seperti kita kecuali dalam dosa. Yohanes menegaskan hal itu dalam suratnya yang pertama (ay. 5).

Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk berangkat dari perbedaan menuju kesamaan. Artinya, hendaklah kita mengikuti Yesus yang suci dan tidak berdosa dalam kehidupan kita. Atau seperti yang dikatakan Yohanes dalam suratnya, yaitu agar kita "menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci." (ay. 3).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar