Selasa, 11 Desember 2012

Renungan Hari Selasa Adven II-C

Renungan Hari Selasa Adven II, Thn C/I
Bac I : Yes 40: 1 – 11; Injil       : Mat 18: 12 – 14

Dalam Injil hari ini Yesus memberikan perumpamaan domba yang hilang. Perumpamaan ini mau menggambarkan Allah yang mahabaik. "Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang." (ay. 14). Jika kita kaitkan dengan cerita perumpamaan itu, kebaikan Allah itu sungguh di luar akal sehat manusia.

Lewat kisah ini kita disadarkan bahwa Allah itu memang mahabaik dan mahakasih. Manusia tidak bisa memakai logika manusianya untuk memahami kasih dan kebaikan Allah itu. Karena bagi manusia itu tidak mungkin, tapi bagi Allah segala sesuatu itu menjadi mungkin.

Kebaikan dan kasih Allah dalam perumpamaan itu dikaitkan dengan pertobatan manusia. Lewat perumpamaan tadi Yesus mau mengajarkan kita bahwa Allah itu mahabaik dalam mengampuni umat-Nya yang bertobat. Dengan ini diharapkan agar manusia tidak perlu merasa takut dan cemas akan situasi keberdosaannya. Dosa tidak mendatangkan hukuman dari Allah, melainkan pengampunan. Yang penting manusia menyesalinya dan sungguh bertobat.

Saat ini kita sedang dalam masa adven untuk mempersiapkan diri menyambut kelahiran Tuhan Yesus. Ajakan Yesus dalam Injil hari ini bisa dijadikan persiapan diri menyongsong natal. Kita diajak untuk bertobat.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar