Kamis, 30 April 2020

INI TIPS MENGELOLA PERAN


Setiap manusia memiliki berbagai peran dalam hidupnya. Sesederhana apapun orang itu. Tak mungkin seseorang itu hanya mempunyai satu peran. Peran sebagai anak, ibu, ayah, anggota masyarakat, karyawan, organisasi, terlebih lagi, peran sebagai hamba Tuhan. Singkat kata, setiap orang memiliki banyak peran.
Siapapun pastinya pula mengharap yang terbaik pada setiap perannya. Sayangnya, kita memiliki banyak keterbatasan, baik terbatas waktu, tenaga, finansial dan sebagainya.
Tidak jarang kita temui, orang-orang yang sukses dalam satu peran, namun gagal di peran yang lain. Misalnya saja, ia seorang Pimpinan Perusahaan yang hebat, namun rumah tangganya berantakan. Atau, dia seorang aktivis yang pintar, namun jarang masuk kuliah, dan nilainya mengkhawatirkan. Dan masih banyak contoh lain yang bisa kita temukan.
Nah, bagaimanakah kita menempatkan peran-peran kita dengan sebaik-baiknya? Ada beberapa tips yang berguna bagi Anda untuk mencapai apa yang terbaik dalam hidup Anda. Tips-tips ini diambil dari email Anne Haira ke saya yang kemudian diolah kembali.

1. Pandailah membuat skala prioritas
Misalnya saja, ketika kita berada di tempat kerja, maka optimalkan peran kita sebagai karyawan. Namun, saat kita berada di rumah, maka berperanlah sebagai anggota keluarga yang baik. Istilah kerennya the right men in the right place.
2. Berilah waktu untuk orang-orang yang dicintai
Sebelum kita menyesal, maka berilah perhatian pada orang-orang yang kita cintai. Jangan kalahkan kepentingan mereka dengan target-target kesuksesan yang kita buat. Karena, sesungguhnya energi cinta dari merekalah yang tetap membuat kita tetap semangat untuk meraih sukses itu sendiri.
3. Jangan pernah lupa memanjakan diri
Sesibuk apapun kita, sesekali memanjakan diri sendiri tidak ada salahnya. Memforsir diri terlalu berlebih akan mengantarkan kita pada stress bahkan depresi. Luangkan waktu untuk diri sendiri. Dengarkan musik, berolahraga, pergi ke salon, membaca buku, lakukan apa yang disenangi dan positif akan merilekskan diri.
4. Buatlah perencanaan dengan realistis
Setiap kita pastinya menginginkan sukses dengan segera. Namun, berusahalah untuk tetap realistis. Jika memiliki 10 prioritas pencapaian pada satu hari, maka jika terpenuhi 3 teratas saja itu sudah cukup baik.
5. Penghargaan pada diri sendiri
Apapun yang sudah dipilih dalam hidup, maka itulah yang terbaik. Kita tidak perlu menyesali, meski itu kegagalan. Justru, kita bisa belajar banyak dari kegagalan, dan tahu cara melakukan segalanya dengan lebih baik.
DEMIKIANLAH 5 tips untuk mengelola peran. Kini saatnya kembali mengevaluasi bagaimana kita telah berperan selama ini. Apakah ada peran tertentu yang ditelantarkan? Adakah orang-orang yang seharusnya diberi perhatian, namun luput karena tersibukkan oleh satu fokus saja?
Apapun itu, masih ada waktu untuk mengubah segalanya agar lebih baik. Tentu saja hanya dengan satu alasan, agar tidak lagi ada penyesalan.
diolah kembali dari tulisan 8 tahun lalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar