Sabtu, 16 Mei 2015

Renungan Hari Sabtu Paskah VI - B

Renungan Hari Sabtu Paskah VI, Thn B/I
Bac I  Kis 18: 23 – 28; Injil       Yoh 16: 23b – 28;
Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus seakan memberi sinyal akan perpisahan-Nya dengan para murid. “Aku akan meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.” (ay. 28). Akan tetapi, di balik pernyataan-Nya itu, Tuhan Yesus sebenarnya hendak menegaskan jati diri-Nya. Dia adalah Mesias, yang kudus dari Allah. Atau dengan kata lain, pernyataan itu bukan hanya menyatakan asal Tuhan Yesus, melainkan juga kemesiasan-Nya.
Kemesiasan Tuhan Yesus kembali ketegaskan dalam bacaan pertama hari ini. Kisah Para Rasul, yang menjadi bacaan pertama, mengungkapkan kisah tentang Apolos. Diceritakan bahwa Apolos adalah seorang Yahudi yang fasih berbicara dan mahir dalam soal-soal Kitab Suci (ay. 24). Dengan keahliannya itulah, Apolos menegaskan kepada orang-orang Yahudi bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias.
Sabda Tuhan hari ini mau menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus adalah Mesias. Dalam tradisi orang Yahudi, Mesias diyakini akan datang membawa keselamatan. Dan itulah yang sudah terjadi. Tuhan Yesus datang membawa keselamatan lewat salib. Melalui sabda-Nya hari ini Tuhan menghendaki supaya kita senantiasa bersyukur atas karya keselamatan yang Tuhan berikan, serta selalu mengimani-Nya.
by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar