Kamis, 26 Februari 2015

Renungan Hari Kamis Prapaskah I - B

Renungan Hari Kamis Prapaskah I, Thn B/I

Bacaan pertama hari ini diambil dari Kitab Esther. Kitab ini mengisahkan tentang raja yang baik, yaitu Raja Mordekhai. Kebaikan itu terlihat dari ungkapan raja yang berbelas kasih terhadap orang yang mendapat hukuman mati. “Hanya orang yang kepadanya raja mengulurkan tongkat emas, yang akan tetap hidup.” (ay. 11). Orang yang akan mati (karena hukuman mati) mendapatkan apa yang diharapkan, yaitu kehidupan.

Pesan yang disampaikan dalam Kitab Esther, kembali ditegaskan oleh Tuhan Yesus dalam Injil hari ini. Memang dalam Injil Tuhan Yesus memberikan pengajaran tentang doa, namun di sana hendak ditegaskan bahwa Allah itu adalah Bapa yang Maha Baik. Allah ibarat seperti Raja Mordekhai yang berbelas kasih. Allah akan memberikan apa yang baik, yang dibutuhkan oleh umat-Nya. Karena itulah, hendaknya umat senantiasa datang dan meminta kepada Tuhan. Umat dapat melakukannya melalui doa.

Saat ini kita berada dalam masa prapaskah. Sebagaimana yang sudah diketahui, masa prapaskah memiliki tiga aktivitas, yaitu puasa, doa dan amal kasih. Hari ini, sabda Tuhan mengangkat satu aktivitas itu, yaitu doa. Tuhan menghendaki agar kita senantiasa datang kepada-Nya dan berdoa. Tuhan mau supaya di sela-sela kesibukan kita dengan berpuasa, kita tetap berkomunikasi dengan-nya melalui doa. Tuhan akan mendengarkan dan mengindahkan doa kita itu, karena Dia adalah Allah yang Maha Baik. Allah akan senantiasa memperhatikan kebutuhan umat-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar