Jumat, 13 Februari 2015

Renungan Hari Jumat Biasa V - Thn I

Renungan Hari Jumat Biasa V, Thn B/I
Bac I    Kej 3: 1 – 8; Injil                    Mrk 7: 31 – 37;

Bacaan pertama hari ini diambil dari Kitab Kejadian. Ia bercerita tentang kejatuhan manusia ke dalam dosa. Adalah iblis, yang berwujud ular, yang berperan besar dalam kejatuhan itu. Akan tetapi, kejatuhan manusia ke dalam dosa bukan semata-mata disebabkan karena ular, melainkan karena ketidak-taatan manusia terhadap perintah Allah. Beberapa hari lalu kita sudah mengetahui perintah Allah itu, dan pada titik inilah iblis menggoda manusia. Akhirnya manusia melanggar perintah Allah.

Melanggar perintah juga terlihat dalam Injil hari ini. Hari ini Injil mengisahkan kisah penyembuhan yang dilakukan Tuhan Yesus terhadap seorang yang tuli dan gagap. Setelah orang itu sembuh, Tuhan Yesus memberi “perintah” kepada orang yang menyertai Dia untuk tidak menceritakan kepada siapa pun tentang peristiwa penyembuhan itu. Akan tetapi, mereka tidak mengindahkan pesan Tuhan Yesus itu. Semakin “dilarang-Nya mereka, makin luas mereka memberitakannya.” (ay. 36).

Kita sadar bahwa manusia adalah makhluk yang lemah. Karena lemah ini manusia mudah jatuh ke dalam dosa. Langkah awal dari dosa adalah melanggar perintah Tuhan. Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa faktor penyebab dosa itu bukan hanya dari luar diri kita saja, melainkan juga dari dalam diri kita. Kita mudah melanggar perintah Tuhan. Yang membuat kita mudah untuk melanggar perintah adalah kesombongan. Kita merasa diri kita hebat, kita ingin dikatakan baik, ingin dipuji, dan lain sebagainya. Melalui sabda-Nya ini, Tuhan menghendaki kita untuk menyadari kelemahan diri dan berusaha untuk mengatasinya. Jika kita bisa mengatasi kelemahan itu, maka godaan iblis pun dapat kita hadapai.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar