Jumat, 06 Februari 2015

Renungan Hari Jumat Biasa IV - Thn I

Renungan Hari Jumat Biasa IV, Thn B/I
Bac I    Ibr 13: 1 – 8; Injil                  Mrk 6: 14 – 29;

Injil hari ini menampilkan kisah pembunuhan atas Yohanes Pembaptis oleh Herodes. Dikatakan bahwa Yohanes menegur Raja Herodes, yang mengambil Herodias, isteri saudaranya, sebagai isterinya. Di sini tampak bahwa Herodes tidak menghormati perkawinan. Dia, yang seharusnya cukup puas dengan isterinya, malah mengambil lagi isteri orang sebagai isteri. Herodias merasa sakit hati dengan teguran Yohanes itu sehingga ia menaruh dendam kepadanya. Dendam itu terlampiaskan ketika akhirnya ia berhasil mendapatkan kepala Yohanes di atas sebuah talam.

Bacaan pertama seakan merefleksikan teguran Yohanes Pembaptis di atas. Karena itu, dalam Surat kepada Orang Ibrani, penulis mengajak jemaat untuk menghormati nilai-nilai luhur perkawinan. Nilai-nilai luhur perkawinan yang hendak dijaga di sini adalah monogami, kesetiaan dan cinta kasih. Bagi penulis, monogami dan kesetiaan dalam perkawinan dapat diwujudkan jika masing-masing orang merasa cukup dengan apa yang ada padanya. Jika seorang suami merasa cukup dengan isteri yang ada padanya, ia tidak akan tergoda untuk selingkuh dan menikah lagi.

Keserakahan merupakan salah satu dosa utama manusia. sifat serakah ini muncul karena manusia selalu merasa kurang dan ingin lebih. Sifat ini bisa merasuk ke pelbagai kehidupan manusia. Salah satunya adalah perkawinan. Perselingkuhan dan poligami terjadi karena orang serakah. Dia tidak puas dengan apa yang sudah ada padanya. Sabda Tuhan hari ini membuka mata hati kita, khususnya terkait dengan perkawinan. Tuhan menghendaki supaya kita menjaga nilai-nilai luhur perkawinan. Salah satunya dengan setia pada pasangan kita. Kita dapat melakukannya jika kita memiliki rasa syukur; mensyukuri apa yang ada pada diri kita. Dengan sikap syukur ini, kita dapat menerima pasangan hidup kita dengan segala kelemahan, kekurangan dan juga kelebihannya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar