Senin, 12 Januari 2015

Renungan Hari Senin Biasa I - Thn I

Renungan Hari Senin Biasa I, Thn B/I
Bac I    Ibr 1: 1 – 6; Injil                    Mrk 1: 14 – 20;

Injil hari ini berkisah tentang pemanggilan murid-murid Yesus yang pertama. Di sana ada Simon dan Andreas, saudaranya, juga ada dua anak Zabedeus, yaitu Yakobus dan Yohanes. Sebelumnya dikatakan bahwa setelah Yohanes Pembaptis ditangkap, Tuhan Yesus tampil dan memberikan kesaksian, “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” (ay. 15). Di sini mau dikatakan bahwa Tuhan Yesus mengambil alih tugas Yohanes Pembaptis mewartakan karya keselamatan Allah.

Apa yang digambarkan Injil di atas sejalan dengan bacaan pertama. Dalam Kitab kepada Orang Ibrani diungkapkan dengan sangat bagus refleksi penulis. Dikatakan bahwa jika dahulu Allah berbicara kepada umat manusia dengan perantaraan para nabi (termasuk di sini Yohanes Pembaptis), kini Allah berbicara sendiri melalui Tuhan Yesus. Ada peralihan tugas dalam menyatakan karya keselamatan Allah. Dalam jaman, yang biasa disebut Perjanjian Baru, warta itu langsung disuarakan oleh Yesus sendiri. Penulis kitab ini melihat Yesus sebagai cahaya kemuliaan Allah dan gambar ujud Allah (ay. 3).

Hari ini sabda Tuhan pertama-tama mau menyadarkan kita bahwa Tuhan Yesus adalah perwujudan Allah dalam penyampaian warta Allah. Melalui Yesus orang langsung berjumpa dengan Allah. Pesan yang disampaikan-Nya adalah pesan Allah langsung. Sebagaimana dalam Injil, setelah mewartakan Injil, Yesus memanggil empat orang murid pertama-Nya, kini pun Tuhan Yesus tetap memanggil kita. Karena itu, setelah menyadari bahwa Yesus sendiri menyampaikan warta Allah, kita juga disadarkan bahwa Dia memanggil kita untuk mengikuti Dia. Persoalannya adalah apakah kita menyadarinya?

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar