Kamis, 15 Januari 2015

Renungan Hari Kamis Biasa I - Thn I

Renungan Hari Kamis Biasa I, Thn B/I
Bac I    Ibr 3: 7 – 14; Injil                  Mrk 1: 40 – 45;

Bacaan pertama hari ini diambil dari Surat kepada Orang Ibrani. Dalam suratnya itu penulis menasehati pembacanya supaya percaya kepada kuasa Allah dan tidak berhati jahat. Selain itu penulis juga mengajak agar para pembacanya saling mengingatkan satu sama lainnya. Penulis tidak mau ada anggotanya yang sesat oleh karena tipu daya dosa. Menurut penulis hal ini bisa saja terjadi kapan dan dimana saja. Penulis mengungkapkan pengalaman bangsa Israel zaman Perjanjian Lama, dimana umat pilihan Allah itu bertegar hati sehingga akhirnya jatuh ke dalam dosa.

Pesan penulis Surat kepada Orang Ibrani, agar tidak berhati jahat dan percaya kepada Tuhan, terlihat pada diri orang yang sakit kusta dalam Injil hari ini. Dikatakan bahwa ia datang kepada Tuhan Yesus dan memohon, “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.” (ay. 40). Di sini terlihat sikap rendah hati si penderita kusta itu. Selain itu, ia juga percaya bahwa Tuhan Yesus dapat menyembuhkan dia dari penyakit kustanya. Dan itulah yang terjadi. Sikapnya yang rendah hati dan kepercayaannya menggugah hati Tuhan Yesus. Maka sembuhlah orang itu.

Hari ini kita mendapat ajakan yang baik dari sabda Tuhan. Melalui sabda-Nya Tuhan mengajak kita untuk berhati jahat dan tidak percaya kepada Tuhan. Secara sederhana Tuhan menghendaki supaya kita tidak jatuh ke dalam dosa. Akan tetapi, bukan berarti kita hanya berjuang sendirian saja. Kita diminta untuk berusaha bersama dengan sesama kita. Dengan saling mengingat, menegur dan meneguhkan, kita bersama-sama dapat menghindari dari dosa. Hal inilah yang akan mendatangkan keselamatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar