Jumat, 30 Januari 2015

Renungan Hari Jumat Biasa III - Thn I

Renungan Hari Jumat Biasa III, Thn B/I
Bac I    Ibr 10: 32 – 39; Injil             Mrk 4: 26 – 34;

Injil hari ini menampilkan pengajaran Tuhan Yesus tentang Kerajaan Allah dalam bentuk perumpamaan. Ada dua perumpamaan yang diberikan. Keduanya sama-sama menekankan hal yang sama, yaitu proses. Lewat perumpamaan ini mau dikatakan bahwa Kerajaan Allah itu membutuhkan suatu proses, seperti berawal dari benih lalu muncul tunas dan kemudian menjadi batang; dari batang muncul cabang dan ranting yang akhirnya mengeluarkan buah. Terlihat bahwa proses itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dalam masa proses itu dibutuhkan pengorbanan serta ketekunan.

Apa yang disampaikan Injil di atas sejalan dengan apa yang disampaikan penulis Surat kepada Orang Ibrani. Dalam bacaan pertama, penulis menyadarkan para pembacanya bahwa untuk sampai kepada keselamatan akhir (Kerajaan Allah, dalam Injil) butuh suatu proses. Umat sudah menerima terang (Kristus), maka hendaklah terang itu dipertahankan. Dalam proses itu akan ada penderitaan (itu merupakan pengorbanan); karena itu dibutuhkan ketekunan. Penulis meminta mereka untuk tidak meninggalkan terang itu sekalipun penderitaan melanda.

Perjalanan hidup kita akan berakhir pada Kerajaan Allah. Dia-lah tujuan akhir perjalanan hidup manusia. Untuk bisa sampai ke sana, dibutuhkan proses yang panjang dan butuh pengorbanan. Bukan dengan menerima sakramen otomatis kita masuk Kerajaan Allah. Bukan pula dengan rajin misa setiap minggu kita nanti pasti berada di dalam Kerajaan Allah. Dibutuhkan pejuangan, tantangan dan pengorbanan. Karena kita akan menghadapi banyak cercaan dan penderitaan yang dapat mengubah arah haluan kita. Tuhan menghendaki supaya kita tetap setia pada proses perjalanan kita. Inilah yang dikehendaki Tuhan melalui sabda-Nya. Sabda Tuhan ini bisa juga mengajarkan kita bahwa untuk mencapai suatu sukses dibutuhkan proses dan proses itu butuh pengorbanan, kesetiaan dan ketekunan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar