Senin, 01 Desember 2014

Renungan Hari Senin Adven I - B

Renungan Hari Senin Adven I, Thn B/I
Bac I    Yes 2: 1 – 5; Injil               Mat 8: 5 – 11;

Bacaan pertama hari ini diambil dari Kitab Nabi Yesaya. Dalam kitabnya, Yesaya menyampaikan pesan dari Allah. Dikatakan bahwa pada hari-hari terakhir gunung tempat rumah Tuhan akan menjulang tinggi sehingga semua orang tertarik pada-Nya. Dengan kata lain, rumah Tuhan memiliki daya tarik. Segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana. Masing-masing orang akan berkata satu sama lain, “Mari kita ke rumah Tuhan.” Umat akan meninggalkan kebiasaan lamanya dan sepenuhnya hidup bagi Tuhan.

Apa yang digambarkan Yesaya dalam bacaan pertama, kembali diulang oleh Tuhan Yesus dalam Injil hari ini. Pada bagian akhir Injil hari ini Tuhan Yesus berkata, “Banyak orang akan datang ke Kerajaan Sorga dan duduk makan bersama Abraham, Ishak dan Yakob.” Jadi, ada kesamaan antara rumah Tuhan, dalam bacaan pertama, dengan Kerajaan Sorga, dalam Injil. Keduanya mempunyai daya tarik, sehingga umat manusia akan datang kepada-Nya.

Tujuan akhir perjalanan hidup setiap manusia adalah bersatu dengan Allah di dalam rumah-Nya. Itulah sorga. Di sana manusia tidak lagi hidup dengan cara lama, melainkan dengan cara baru, seperti yang dikatakan Yesaya dalam kitabnya, yaitu tidak ada lagi perang karena pedang dan tombak sudah ditempa. Untuk hidup baru ini, manusia harus mulai mengadakan pembaharuan hati. Salah satu adalah sikap rendah hati, sebagaimana yang ditunjukkan oleh seorang perwira di Kapernaun dalam Injil. Imannya, yang dipuji oleh Tuhan Yesus, lahir dari sikapnya yang rendah hati.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar