Kamis, 11 Desember 2014

Renungan Hari Kamis Adven II - B

Renungan Hari Kamis Adven II, Thn B/I
Bac I    Yes 41: 13 – 20; Injil               Mat 11: 11 – 15;

Bacaan pertama hari ini diambil dari Kitab Nabi Yesaya. Dalam kitabnya, Nabi Yesaya mengatakan bahwa Allah akan senantiasa menolong umat-Nya, yaitu umat Israel. Sekalipun bangsa Israel digambarkan sangat lemah, seperti cacing dan ulat, Allah tidak akan membiarkan mereka binasa. Bahkan Tuhan Allah akan membuat mereka menjadi kuat. Ini merupakan suatu keyakinan. Yesaya menyiratkan bahwa Allah ingin supaya hal ini diketahui oleh umat Israel turun temurun.

Dalam Injil hari ini Tuhan Yesus bercerita tentang Yohanes Pembaptis. Bagi Tuhan Yesus, Yohanes adalah orang besar, yang berusaha meneruskan pengajaran Tuhan. Jika dikaitkan dengan bacaan pertama, maka bisa dikatakan bahwa keyakinan bangsa Israel, yang semulanya hendak diketahui turun menurun, telah diserongkan. Ada indikasi pemutar-balikan keyakinan sehingga orang mulai meninggalkan Tuhan. Orang tidak lagi yakin bahwa Allah akan menolong umat-Nya. Sebagai gantinya, orang berpaling kepada allah-allah lain.

Pemutar-balikan keyakinan tidak hanya terjadi pada zaman Yesus, tetapi berlanjut hingga kini. Sebelumnya kita yakin bahwa Tuhan itu maha kuasa. Keyakinan ini membuat manusia sujud menyembah kepada-Nya. Namun dewasa ini, banyak orang menemukan kekuasaan lain yang dapat menolong hidupnya, yaitu uang. Tidak hanya umat awam saja, melainkan juga kalangan imam pun tak luput dari pemalingan ini. Banyak dari kita tidak lagi sujud menyembah Tuhan, melainkan uang. Uang menjadi maha kuasa, sehingga segala cara dilakukan untuk mendapatkan uang, karena uang dapat menolong hidupnya. Karena itu, korupsi merajalela. Korupsi bukan hanya terjadi di Negara, tetapi juga Gereja, dimana pelakunya adalah para gembala. Sabda Tuhan hari ini mau mengingatkan kita bahwa Tuhanlah satu-satunya yang akan menolong kita. Tuhan mengajak kita untuk senantiasa mengarahkan hati dan hidup kita kepada-Nya.


by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar