Jumat, 05 Desember 2014

Renungan Hari Jumat Adven I - B

Renungan Hari Jumat Adven I, Thn B/I
Bac I    Yes 29: 17 – 24; Injil                        Mat 9: 27 – 31;

Sabda Tuhan hari ini bercerita tentang kedatangan Tuhan. Nabi Yesaya dalam bacaan pertama memberikan gambaran tentang apa yang akan terjadi saat kedatangan Tuhan tiba. Dikatakan bahwa akan ada mukjizat; orang tuli mendengar dan orang buta melihat. Orang miskin dan sengsara akan bersorak-sorai. Justru orang-orang sombong dan pencemooh akan binasa. Intinya adalah Tuhan datang membawa kebaikan. Suasana suka ria mewarnai kehidupan.

Hal yang sama terlihat dalam Injil. Bahkan secara tidak langsung Injil mau mengatakan bahwa Tuhan sudah datang. Peristiwa penyembuhan dua orang buta yang dilakukan Tuhan Yesus seperti isyarat kedatangan Tuhan dalam Kitab Yesaya. Jadi, jika dalam bacaan pertama kedatangan Tuhan masih dalam wujud gambaran, dalam Injil kedatangan Tuhan sudah nyata. Karena itu, bisa dikatakan bahwa Tuhan Yesus merupakan penggenapan penggambaran Nabi Yesaya tentang kedatangan Tuhan. Karena memang Tuhan Yesus datang membawa kebaikan dan sukacita.

Adven adalah masa penantian. Dalam masa penantian ini kita diajak untuk mempersiapkan diri menyongsong kedatangan Tuhan, baik di masa depan maupun di saat natal. Persiapan yang diutamakan adalah persiapan hati. Sabda Tuhan hari ini menyadarkan kita bahwa Tuhan datang membawa kebaikan; situasi negatif menjadi positif. Di mana ada kebaikan, di sana Tuhan hadir. Melalui sabda-Nya, Tuhan meminta kita untuk senantiasa membawa kebaikan bagi sesama sebagai isyarat kedatangan Tuhan. Kebaikan itu bukan terarah kepada diri sendiri, melainkan kepada sesama. Tuhan menghendaki supaya kita mengubah situasi negatif menjadi positif.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar