Rabu, 22 Oktober 2014

Renungan Hari Rabu Biasa XXIX - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa XXIX, Thn A/II
Bac I    Ef 3: 2 – 12; Injil                    Luk 12: 39 – 48;

Injil hari ini masih melanjutkan pengajaran Tuhan Yesus tentang sikap berjaga-jaga atau waspada. Akan tetapi Tuhan Yesus tidak berhenti pada topik berjaga-jaga saja, melainkan berlanjut pada melakukan kehendak Allah. Tuhan Yesus menyampaikan pengajaran-Nya melalui perumpamaan. Di sini Tuhan Yesus mau mengatakan kepada para pendengar-Nya bahwa dalam kesiap-siagaan itu, hendaklah mereka senantiasa melakukan kehendak Allah. Dengan melaksanakan kehendak Allah ini mereka akan memperoleh keselamatan.

Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus, yang menjadi bacaan pertama hari ini, mengatakan bahwa umat Efesus juga merupakan ahli waris dan anggita Tubuh Kristus. Hal ini terjadi berkat berita Injil. Namun tak bisa dipungkiri juga adalah bahwa dengan melakukan kehendak Allah. Paulus mencontohkan dirinya. Sekalipun awalnya dia adalah hina, namun ia beroleh kasih karunia Allah. Paulus hidup sesuai dengan kehendak Allah.

Sabda Tuhan hari ini pertama-tama mau menyadarkan kita bahwa kita pun merupakan ahli waris Kerajaan Allah dan anggota dari Tubuh Kristus. Akan tetapi, Tuhan menghendaki supaya kita senantiasa mewujudkan dalam kehidupan kita kehendak-Nya. Artinya, dengan menjadi warga Kerajaan Allah, kita diminta untuk untuk selalu bertindak sesuai dengan kehendak Allah.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar