Senin, 14 Juli 2014

Renungan Hari Senin Biasa XV - Thn II

Renungan Hari Senin Biasa XV, Thn A/II
Bac I    Yes 1: 11 – 17; Injil              Mat 10: 34 – 11: 1;

Hari ini sabda Tuhan mau berbicara mengenai sikap sebagai anak-anak Tuhan atau murid-Nya. Injil hari ini berisi tentang pesan-pesan Tuhan Yesus kepada kedua belas murid-Nya. Pesan-pesan ini bertujuan untuk membangun sikap sebagai murid Tuhan Yesus atau sebagai anak-anak Tuhan. Sikap-sikap itu di antaranya adalah lebih mencintai Tuhan daripada keluarga, mau memikul salib, berani kehilangan nyawa demi Tuhan, dan lain-lain.

Sikap sebagai murid dalam Injil, diungkapkan secara sederhana oleh Yesaya dalam bacaan pertama. Dalam kitabnya, Nabi Yesaya merangkup sikap-sikap itu sebagai sikap anak-anak Tuhan, yaitu dengan menghentikan tindak kejahatan dan mulai melakukan kebaikan, mengusahakan keadilan, solider terhadap kaum lemah serta berusaha menuntun orang kepada kebaikan. Menurut Yesaya, Tuhan lebih suka akan sikap seperti itu dari pada ritus-ritus persembahan. Karena itu, melalui mulut Yesaya, Tuhan menyampaikan bahwa Dia sudah muak dengan korban-korban bakaran dan persembahan. Tuhan lebih membutuhkan tindakan nyata yang ditujukan kepada sesama.

Kita adalah anak-anak Tuhan sekaligus juga merupakan murid Tuhan. Melalui sabda-Nya, Tuhan menunjukkan kepada kita sikap apa yang berkenan pada-Nya. Tuhan menghendaki supaya kita tampil benar-benar sebagai anak dan murid-Nya. Intinya adalah dengan melakukan kebaikan kepada sesama serta menghindari kejahatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar