Rabu, 30 Juli 2014

Renungan Hari Rabu Biasa XVII - Thn II

Renungan Hari Rabu Biasa XVII, Thn A/II
Bac I   : Yer 15: 10, 16 – 21; Injil           : Mat 13: 4446;

Sabda Tuhan hari ini mau berbicara mengenai sikap kita terhadap hal-hal rohani. Dalam bacaan pertama hal-hal rohani itu dinyatakan dengan perkataan atau firman Allah. Dalam kitabnya, Yeremia mengatakan bahwa sikapnya ketika berhadapan dengan firman Allah adalah sukacita dan menikmatinya. Bagi Yeremia sabda Tuhan jauh lebih berharga dan lebih baik dari sekedar obrolan atau senda gurau dengan sesama. Di sini Yeremia meminta umat untuk mengikuti semangatnya dalam mencari dan menerima sabda Tuhan.

Dalam Injil, hal-hal rohani itu diungkapkan dengan istilah Kerajaan Sorga. Injil hari ini menampilkan pengajaran Tuhan Yesus tentang Kerajaan Sorga yang disampaikan-Nya dalam bentuk perumpamaan. Melalui perumpamaan itu terlihat bahwa Kerajaan Sorga merupakan sesuatu yang amat sangat berharga dan penting bagi hidup sehingga orang rela menjual seluruh miliknya demi mendapatkan sesuatu itu. Sekalipun seluruh miliknya dijual, orang itu tidak merasa sedih atau cemas akan hidupnya kelak. Sebaliknya ia merasa sukacita. Di sini Tuhan Yesus menyatakan bahwa berhadapan dengan Kerajaan Sorga orang mesti bersukacita dan berusaha untuk mendapatkannya.

Sabda Tuhan hari ini pertama-tama mau menyadarkan kita bahwa hal-hal rohani itu merupakan sesuatu yang berharga dan penting dalam kehidupan kita sehingga kita harus berjuang mengusahakannya. Dalam perjuangan itu kita dituntut untuk rela berkorban, mengorbankan sesuatu yang sudah sekian lama menjadi milik kita. Dan dalam berkorban itu, hendaknya kita melakukannya dengan sukacita, bukan dengan kekecewaan atau sedikit kesedihan karena ada yang hilang dari diri kita. Inilah yang dikehendaki Tuhan melalui sabda-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar