Jumat, 11 Juli 2014

Renungan Hari Jumat Biasa XIV - Thn II

Renungan Hari Jumat Biasa XIV, Thn A/II
Bac I    Hos 14: 2 – 9; Injil                Mat 10: 16 – 23;

Bacaan pertama hari ini yang diambil dari Kitab Hosea. Dalam kitabnya, Hosea membuat madah pujian kepada Allah. Dikatakan bahwa Allah itu mahabaik dan maha pengampun. Allah senantiasa memberikan pengampunan kepada umat yang datang bertobat dan penuh penyesalan. Allah akan memulihkan mereka dari penyelewengannya dan mengasihi mereka (ay. 4). Allah digambarkan sebagai pelindung umat-Nya dari segala bahaya. “Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau!” (ay. 8), demikian sabda Tuhan.

Pernyataan Allah yang disampaikan Hosea ini kembali ditegaskan Tuhan Yesus dalam bacaan Injil. Hari ini Injil bercerita tentang ramalan Tuhan Yesus atas para murid-Nya di masa yang akan datang. Dikatakan bahwa karena nama Yesus, para murid akan mengalami penderitaan. Mereka akan disesah (ay. 17), dibunuh (ay. 21), dan dibenci (ay. 22). Mereka akan dihadapkan ke sidang majelis. Akan tetapi Tuhan Yesus menegaskan kepada mereka untuk tidak perlu takut atau cemas, karena Roh Bapa sendiri yang akan berbicara di dalam mereka (ay. 20). Para murid tak perlu melawan kekerasan yang diarahkan kepadanya, sebaliknya justru menghidar (ay. 23).

Hari ini sabda Tuhan menyadarkan kita bahwa ramalan Tuhan Yesus menjadi kenyataan. Hingga saat ini banyak murid Yesus mengalami penderitaan hanya karena mengikuti Yesus Kristus. Ada yang dihina, ditindas dan ada pula yang dibunuh. Para murid Kristus banyak mengalami ketidakadilan: mau bangun gereja dipersulit, berdoa Rosario diserang dan masih banyak contoh lainnya. Sekalipun banyak mengalami penderitaan, hingga saat ini belum ada aksi kekerasan yang dilakukan para murid Kristus sebagai bentuk tandingan atau perlawanan. Hal ini menunjukkan bahwa para murid benar-benar melaksanakan apa yang diminta Tuhan. Karena itu, melalui sabda-Nya, Tuhan menghendaki agar kita tetap setia pada ajaran-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar