Sabtu, 28 Juni 2014

Renungan Hari Sabtu Biasa XII - Thn II

Renungan Hari Sabtu Biasa XII, Thn A/II
Bac I    2Tim 2: 22 – 26; Injil               Mat 8: 5 – 17;

Injil hari ini mengisahkan pelayanan Yesus berkaitan dengan penyembuhan. Awalnya Yesus menyembuhkan hamba seorang perwira di Kapernaum yang sakit lumpuh dan sangat menderita. Yesus kagum dengan iman perwira itu sehingga terjadilah seperti yang diharapkannya. Kemudian Tuhan Yesus menyembuhkan ibu mertua Petrus yang sedang sakit demam. Kepadanya pun Tuhan Yesus melakukan penyembuhan. Akhirnya Yesus menyembuhkan banyak orang sakit dan kerasukan yang dibawa kepada-Nya. Semua kegiatan Yesus ini direfleksikan oleh Matius dengan satu pernyataan Yesaya, “Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita.” (ay. 17).

Injil hendak menampilkan teladan Tuhan Yesus untuk diikuti oleh setiap pengikut-Nya. Dalam bacaan pertama, yang diambil dari surat Paulus yang kedua kepada Timotius, Paulus menggambarkan dengan cara lain teladan Tuhan Yesus. Intinya tetap sama, dimana Tuhan Yesus yang lemah lembut menanggung semua dosa supaya kita terlepas dari jerat iblis yang mengikat kita pada kehendaknya. Paulus mengajak jemaatnya untuk tampil seperti Yesus yang menuntun orang lain sampai pada kebenaran (ay. 25).

Yesus Kristus adalah teladan. Inilah yang hendak disampaikan sabda Tuhan hari ini. Sabda Tuhan menghendaki agar kita meneladani teladan hidup Tuhan Yesus. Kita diajak untuk tidak hanya memperhatikan diri sendiri, tanpa peduli pada sesama,  melainkan supaya kita mau dan bersedia memperhatikan kebutuhan sesama kita. Kita dipanggil untuk menuntun orang lain mengenal kebenaran. Karena itu, haruslah ditanggalkan nafsu memaksakan kehendak (Paulus mengistilahkan nafsu orang muda), yang dapat berujung pada pertengkaran.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar