Jumat, 20 Juni 2014

Renungan Hari Jumat Biasa XI - Thn II

Renungan Hari Jumat Biasa XI, Thn A/II
Bac I    2Raj 11: 1 – 4, , 9 – 18, 20; Injil      Mat 6: 19 – 23;

Injil hari ini memberikan pengajaran Yesus tentang gelap dan terang yang bermula dari “mata”. Tuhan Yesus berkata, “Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu.” (ay. 22 – 23). Di sini mau dikatakan bahwa “mata” dapat menuntun para murid ke dalam kebaikan atau kejahatan. “Mata” di sini dapat dimengerti sebagai keinginan, sebab mata merupakan media awal munculnya keinginan. Jika yang ada adalah keinginan akan hal-hal yang jahat, maka seluruh diri dan hidup jatuh ke dalam kejahatan. Sebaliknya jika keinginan yang ada adalah akan sesuatu yang baik, maka kebaikanlah yang muncul sehingga mendatangkan sukacita, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pengajaran Yesus ini dapat dilihat dalam bacaan pertama hari ini. Kitab 2 Raja-Raja mengisahkan tentang Raja Atalya, raja yang sudah dirasuki kegelapan. Matanya sudah gelap oleh nafsu kuasa dan kenikmatan duniawi lainnya. Namun masih ada orang yang bermata terang. Salah satunya adalah imam Yoyada, yang menjaga Yoas bin Ahazia di rumah Tuhan. Yoyada melihat mata terang dalam diri Yoas. Karena itu, setelah waktunya tiba, ditampilkanlah Yoas sebagai raja. Dikatakan bahwa “bersukarialah seluruh rakyat negeri dan amanlah kota itu.” (ay. 20).

Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk berefleksi diri dan bermawas diri. Kita sudah mengetahui bahwa mata kita adalah pelita bagi tubuh (hidup) kita. Menjadi pertanyaannya adalah apakah pelita mata kita bernyala sehingga menerangi hidup kita dan juga orang lain atau padam. Tuhan menghendaki supaya pelita mata kita tetap bernyala. Untuk itu, tugas kita adalah senantiasa menjaga agar ia tetap bernyala. Salah satu caranya adalah dengan berusaha menghindari hal-hal yang jahat dari keinginan kita. Sekecil apapun hal-hal jahat itu musti dijauhkan dari keinginan kita sehingga dengan demikian mata hati kita tetap bersih dan bercahaya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar