Sabtu, 12 April 2014

Renungan Hari Sabtu Prapaskah V - A

Renungan Hari Sabtu Prapaskah V, Thn A/II
Bac I   : Yeh 37: 21 – 28; Injil      : Yoh 11: 45 – 56

Bacaan pertama diambil dari Kitab Nabi Yehezkiel. Di sini Yehezkiel menyampaikan nubuat Allah. Saat nubuat ini disampaikan, situasi Israel sedang tercerai berai. Karena dosa-dosa mereka, bangsa Israel dijajah oleh kerajaan asing. Banyak orang Israel berada di pengungsian. Ada juga yang pergi ke tempat asing lainnya. Situasi ini jelas tidak menyenangkan. Orang Israel mengharapkan kembali ke negerinya. Mereka merindukan kejayaan Kerajaan Daud yang menyatukan semua suku Israel. Nabi Yehezkiel tampil dan menyampaikan sabda Allah yang berencana menyatukan kembali orang Israel. Allah akan mengumpulkan mereka dari segala penjuru.

Nubuat Nabi Yehezkiel secara tidak langsung terlihat dalam Injil hari ini. Dalam Injil dikisahkan bahwa Kayafas, sebagai Imam Besar, berencana mengorbankan Yesus demi keselamatan bangsanya. Bagi Kayafas, lebih baik “jika satu orang mati untuk bangsa kita daripada seluruh bangsa kita ini binasa.” (ay. 50). Ini mengacu kepada Yesus. Akan tetapi, penginjil melihat bahwa kematian Yesus akan “mempersatukan anak-anak Allah yang tercerai berai.” (ay. 52). Jadi, sama seperti Allah dalam Perjanjian Lama, mengumpulkan dan menyatukan umat, demikian pula Yesus.

Dosa membuat manusia menjauh dari Allah. Dosa juga membuat manusia terasing satu sama lain. Namun sabda Tuhan hari ini menyatakan bahwa Allah hendak menyatukan kita. Allah sendiri yang akan mencari dan mengumpulkan kita menjadi satu keluarga-Nya. Usaha Allah ini terlihat dalam diri Yesus, lewat kematian-Nya di kayu salib. Kematian Yesus merupakan penebusan atas dosa dan kesalahan kita. Karena dosa kita ditebus-Nya, maka kita dapat bersatu lagi dengan Tuhan. Kita menjadi anak-anak Allah. Karya penebusan Yesus ini hendaknya dijawab dengan pertobatan. Masa prapaskah merupakan masa tobat. Karena itu, masa ini merupakan kesempatan bagi kita untuk berkumpul dan bersatu lagi dengan Allah.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar