Kamis, 06 Februari 2014

Renungan Hari Kamis Biasa IV - Thn II

Renungan Hari Kamis Biasa IV, Thn A/II
Bac I   : 1Raj 2: 1 – 4, 10 – 12; Injil       : Mrk 6: 7 – 13

Dua bacaan liturgi hari ini dipertemukan dengan kata “berpesan”. Dalam bacaan pertama Daud berpesan kepada Salomo. Tak lama lagi Daud akan meninggal dan Salomo akan menggantikannya. Satu pesan Daud kepada putranya itu adalah agar Salomo melakukan kewajibannya dengan setia kepada Tuhan Allah. Melaksanakan kewajiban itu berarti juga melakukan kehendak Allah (ay. 3). Inilah harapan Daud.

Dalam Injil Yesus berpesan kepada para rasul-Nya. Waktu itu Yesus meminta mereka untuk ambil bagian dalam misi-Nya dengan mengutus mereka berdua-dua. Sebelum mengutus, Yesus berpesan kepada mereka. Ada banyak hal yang disampaikan Yesus. Namun intinya adalah, dalam melaksanakan tugas perutusan itu, para rasul diminta untuk menggantungkan hidup dan diri mereka kepada penyelenggaraan ilahi. Di sini mereka dituntut untuk setia pada kehendak Yesus.

Hari ini, melalui sabda-Nya, Tuhan berpesan kepada kita. Tuhan Yesus menghendaki agar kita melanjutkan karya-Nya dalam kehidupan kita. Secara tidak langsung Yesus mengutus kita untuk mewartakan Injil. Kita diminta untuk setia dalam melaksanakan tugas perutusan itu. Kita diminta untuk setia melaksanakan kewajiban hidup kita sebagai murid Kristus; dan ini menjadi salah satu bentuk pewartaan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar