Minggu, 12 Januari 2014

Renungan Pesta Pembaptisan Tuhan


Renungan Pesta Pembaptisan Tuhan, Thn A/II
Bac I   : Yes 42: 1 – 4, 6 – 7; Bac II         : Kis 10: 34 – 38;
Injil     : Mat 3: 13 – 17

Hari ini merupakan Pesta Pembaptisan Tuhan Yesus. Bacaan liturgi hari ini mau menegaskan akan hal itu, secara khusus Injil yang menceritakan kisah pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis. Pembaptisan yang diterima Yesus bukan merupakan penghapusan dosa, melainkan sebuah penyataan Diri-Nya akan Anak Allah. Hal ini terlihat dalam Injil, dari pernyataan Allah setelah Yesus dibaptis, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.” (ay. 17).

Penyataan diri ini sudah dinubuatkan Nabi Yesaya dalam kitabnya. Dalam bacaan pertama terlihat bahwa Yesaya menyampaikan pesan Yahwe akan orang pilihan-Nya, yang kepada-Nya Yahwe berkenan. Roh Tuhan ada pada orang pilihan ini (ay. 1). Nubuat Yesaya ini terpenuhi dalam diri Yesus ketika Ia dibaptis oleh Yohanes. Dengan pembaptisan itu, Yesus memulai misi-Nya.

Dalam bacaan kedua pun, Petrus menyampaikan kisah pembaptisan itu dan penegasan akan misi Yesus. Seperti Yesaya, Petrus juga menyatakan bahwa misi Yesus terbuka untuk semua bangsa. Karena keterbukaan inilah, maka Yesus Kristus “adalah Tuhan dari semua orang.” (ay. 36).

Hari ini, melalui sabda-Nya, kita disadarkan bahwa kehadiran Yesus sebagai Orang Pilihan Allah, sudah lama dinubuatkan oleh para nabi. Salah satunya adalah Yesaya. Yesus datang ke dunia membawa misi damai sejahtera. Tuhan menghendaki kita untuk takut akan Dia dan mengamalkan kebenaran (Kis 10: 35).

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar