Senin, 13 Januari 2014

Renungan Hari Senin Biasa I - Thn II

Renungan Hari Senin Biasa I, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 1: 1 – 8; Injil          : Mrk 1: 14 – 20

Sabda Tuhan hari ini memiliki tema tentang sesuatu yang terbaik. Dalam bacaan pertama, yang diambil dari Kitab Samuel yang pertama, yang terbaik bagi Hana adalah kehadiran anak dalam kehidupannya. Namun, ketika anak tak kunjung datang, hatinya mulai gusar dan dipenuhi rasa cemburu terhadap Penina. Akan tetapi, Elkana membuka matanya akan yang terbaik dalam hidup, yaitu kebersamaan hidup dengan dirinya. “Bukankah aku lebih berharga bagimu daripada sepuluh anak laki-laki?” (ay. 8).

Injil hari ini mengisahkan panggilan Petrus dan Andreas. Mereka adalah nelayan. Hari-hari disibukkan dengan menjala ikan. Dari menangkap ikan inilah mereka dapat hidup. Namun Yesus menunjukkan apa yang terbaik dalam hidup ini, yaitu menjala manusia. “Kamu akan Kujadikan penjala manusia.” (ay. 17). Ada peralihan dari penjala ikan kepada penjala manusia. Penjala manusia memiliki kualitas terbaik. Petrus dan Andreas sadar bahwa menjala manusia merupakan hal yang terbaik, maka mereka meninggalkan yang lama dan mulai mengikuti Yesus.

Melalui sabda-Nya, Tuhan menyadarkan kita bahwa Ia telah memberikan dan menawarkan yang terbaik dalam kehidupan kita. Kita diajak untuk coba merenungkannya dalam hidup ini. Dan Tuhan menghendaki supaya kita jangan hanya mengeluh seperti Hana, melainkan bersikaplah seperti Petrus dan Andreas.Tuhan mau agar, setelah menemukan yang terbaik, kita berani melepaskan yang lama dan mulai mengikuti Dia.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar