Sabtu, 25 Januari 2014

Renungan Pesta Pertobatan St. Paulus

Renungan Pesta Pertobatan St. Paulus /II
Bac I   : Kis 22: 3 – 16; Injil          : Mrk 16: 15 – 18

Hari ini merupakan pesta bertobatnya Santo Paulus. Bacaan liturgi mau menekankan akan pesta ini. Bacaan pertama secara khusus menceritakan kisah pertobatan Paulus, yang sebelumnya tidak mengenal Yesus dan malah hendak membinasakan-Nya. Perkenalan dengan Yesus membawa perubahan total dalam diri Paulus. Dia semakin mencintai Yesus. Karena cintanya, Paulus menjadi Rasul Kristus. Dia pergi mewartakan Kristus.

Hal senada juga terlihat dalam Injil. Markus mengisahkan perintah Yesus kepada para rasul untuk mewartakan Injil sehingga keselamatan dirasakan oleh semakin banyak umat manusia. Keselamatan merupakan tanggapan atas warta para rasul itu. Dan para rasul melakukan hal itu karena cintanya kepada Yesus. Jadi, cinta itulah yang menggerakkan, baik Paulus maupun para rasul untuk mewartakan Kristus.

Sabda Tuhan hari ini mau mengingatkan kita akan baptisan yang telah kita terima. Baptisan membuat kita bersatu dengan Kristus. Kebersatuan itu bukan hanya mendatangkan keselamatan, melainkan juga tuntutan untuk ambil bagian dalam pewartaan Injil. Lewat sabda-Nya, Tuhan menghendaki supaya kita turut ambil bagian dalam pewartaan Injil. Mewartakan Injil dalam hidup merupakan ungkapan cinta kita kepada Kristus.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar