Kamis, 16 Januari 2014

Renungan Hari Kamis Biasa I - Thn II

Renungan Hari Kamis Biasa I, Thn A/II
Bac I   : 1Sam 4: 1 – 11; Injil        : Mrk 1: 40 – 45

Bacaan pertama hari ini mengisahkan kekalahan bangsa Israel dari orang Filistin. Setelah kekalahan pertama, mereka mengambil inisiatip untuk membawa Tabut Perjanjian Allah ke medan pertempuran. Harapannya adalah kemenangan, karena mereka yakin Allah akan berperang bersama mereka. Namun, harapan itu tak terwujud. Mereka kembali menelan kekalahan. Bahkan Tabut Perjanjian Allah dirampas oleh orang Filistin. Hal ini benar-benar menjadi aib bagi bangsa Israel.

Dalam Injil dikisahkan tentang Yesus yang menyembuhkan orang kusta. Setelah menyembuhkan orang itu, Yesus meminta orang itu untuk tidak bercerita kepada siapapun tentang mujizat yang terjadi, pergi memperlihatkan diri kepada imam dan memberikan persembahan (ay. 44). Itulah harapan Yesus. Akan tetapi orang kusta yang telah sembuh itu tidak memenuhi harapan Yesus.

Setiap orang tentu mempunyai harapan. Dan tentulah masing-masing orang menginginkan agar harapannya terwujud. Untuk itu orang selalu berjuang demi terwujudnya harapan itu. Namun sering juga kita dengar bahwa harapan itu meleset atau sama sekali tak terwujud. Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa tak selamanya harapan itu akan terwujud. Untuk itu, kita diminta untuk bersikap seperti Yesus, yang tidak marah atau pun kecewa karena harapan-Nya tak dipenuhi orang yang disembuhkan-Nya.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar