Selasa, 03 Desember 2013

Renungan Pesta St. Fransiskus Xaverius - A

Renungan Pesta St. Fransiskus Xaverius, Thn A/II
Bac I   : 1Kor 9: 16 – 19, 22 – 23; Injil  : Mrk 16: 15 – 20

Hari ini adalah Pesta St. Fransiskus Xaverius, seorang misionaris ulung. Bacaan bacaan liturgis hari ini seakan mau menekankan akan keberadaan pesta ini. Atau setidak-tidaknya bacaan-bacaan hari ini memberi penegasan atas karya kerasulan St. Fransiskus Xaverius. Fransiskus telah melaksanakan perintah Yesus. Dalam Injil Yesus memberikan perintah kepada para murid-Nya, “Pergilah ke seluruh dunia, wartakanlah Injil kepada segala makhluk.” (ay. 15).

Apa yang dilakukan Fransiskus, dilakukan juga oleh Paulus. Bacaan pertama yang diambil dari surat Paulus yang pertama kepada jemaat di Korintus mengetengahkan dasar dari pewartaan Paulus. Tugas perutusan Paulus hanya semata-mata melakukan kehendak Allah untuk memberitakan Injil, sehingga dengan demikian ia “boleh memenangkan sebanyak mungkin orang.” (ay. 19). Paulus tidak menuntut upah atau penghargaan, karena mewartakan Injil adalah panggilan hidup. Yang dilakukan Paulus merupakan perwujudan nyata dari perintah Tuhan Yesus.

Lewat sabda-Nya hari ini dan lewat teladan St. Fransiskus Xaverius, Tuhan hendak mengingatkan kita akan tugas perutusan kita. Setiap kita, karena baptisan yang kita terima, terpanggil untuk mewartakan Injil Kristus kepada sesama kita di mana pun kita berada. Kita diajak untuk menjadikan tugas ini sebagai bagian dari hidup kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar