Minggu, 08 Desember 2013

Renungan Hari Minggu Adven II - A

Renungan Hari Minggu Adven II, Thn A/II
Bac I   : Yes 11: 1 – 10; Bac II      : Rom 15: 4 – 9;
Injil     : Mat 3: 1 – 12

Dalam bacaan kedua, yang diambil dari surat Paulus kepada jemaat di Roma, Paulus mengetengahkan bahwa ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari apa yang sudah ditulis dahulu. Paulus memaksudkan akan kisah pengajaran Yesus. Sekalipun orang-orang Roma tidak bersentuhan langsung dengan Yesus, namun mereka dapat menghayati ajaran-Nya, sehingga membawa keselamatan.

Sedikit berbeda dengan Paulus, Yesaya menyampaikan tentang ramalan akan datangnya sang Penebus. “Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai...” (ay. 1). Meski berbeda, baik Paulus maupun Yesaya sama-sama mengajak umatnya untuk menerima pesan yang disampaikan demi keselamatan. Paulus menekankan pada aspek mempelajari, Yesaya menekankan pada aspek persiapan.

Apa yang dipelajari dan apa yang dipersiapkan adalah pertobatan. Inilah yang disampaikan oleh Yohanes Pembaptis dalam Injil hari ini. Menyambut sang Juru Selamat, umat manusia dapat mempelajari dan mempersiapkan diri dengan bertobat. Bagi Yohanes, bertobat bukan hanya sekedar mengakui dosa-dosa saja, melainkan harus sampai pada menghasilkan “buah yang sesuai dengan pertobatan.” (ay. 8). Artinya, bertobat itu berarti berubah; dan perubahan itu terarah kepada kebaikan.

Hari ini adalah minggu adven II. Masa adven adalah masa persiapan bagi kita untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus. Salah satu wujud persiapan yang diminta Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah pertobatan. Tuhan menghendaki agar kita berubah menjadi lebih baik sehingga nanti kita layak menyambut kelahirannya dalam hati kita.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar