Selasa, 13 Agustus 2013

Renungan Hari Selasa Biasa XIX-C

Renungan Hari Selasa Biasa XIX, Thn C/I
Bac I   : Ul 31: 1 – 8; Injil  : Mat 18: 1 – 5, 10, 12 – 14

Sabda Tuhan hari ini memiliki tema tentang  kepemimpinan yang rendah hati. Dalam bacaan pertama kerendahan hati seorang pemimpin diungkapkan pada sosok Nabi Musa. Sekalipun dia sudah berkarya cukup lama membawa Bangsa Israel keluar dari Mesir, namun ia tidak dapat menikmati indahnya tanah terjanji yang telah dijanjikan Allah kepada mereka. Namun Musa dengan rendah hati menyerahkan tampuk kekuasaan kepada Yosua. Musa tidak menunjukkan ambisi yang berlebihan.

Sikap tidak berambisi yang berlebihan ditunjukkan Yesus dalam Injil lewat sosok anak kecil. Bagi Yesus, anak kecil adalah simbol kerendahan hati dan sikap tidak berambisi banyak. Karena itu, siapa yang ingin menjadi besar, ia harus “menjadi seperti anak kecil.” (ay. 3).

Hari ini, secara umum, sabda Tuhan menghendaki kita untuk bersikap rendah hati satu sama lain. Salah satu wujud sikap rendah hati adalah mau mendahulukan orang lain atau kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Sikap rendah hati, khusus para pemimpin, dapat dilihat dari sikap tidak serakah akan jabatan.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar