Minggu, 11 Agustus 2013

Renungan HR SP Maria Diangkat ke Sorga - C

Renungan Hari Raya SP Maria Diangkat ke Surga, Thn C/I
Bac I   : Why 11: 19a, 12: 1, 3 – 6, 10; Bac II  : 1Kor 15: 20 - 26
Injil     : Luk 1: 36 – 56

Hari ini merupakan Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Bacaan-bacaan liturgi hari ini, selain mau berbicara tentang Maria (Injil), juga secara implisit mengibaratkan keberadaan Maria di surga (Bacaan pertama dan kedua).

Dalam bacaan pertama yang diambil dari Wahyu Yohanes, diungkapkan penglihatan Yohanes tentang seorang perempuan. Banyak ahli sepakat bahwa perempuan itu adalah Maria, Bunda Tuhan kita Yesus Kristus. Keberadaan Maria di surga tampak dalam ungkapan “suatu tempat yang sudah disediakan baginya oleh Allah.” (ay. 6). Sedangkan dalam bacaan kedua, keberadaan Maria di surga mendapat jaminan dari Puteranya sendiri yang telah bangkit dari mati.

Injil hari ini berbicara tentang Maria: pribadi dan teladan hidupnya. Semuanya inilah yang menghantar dirinya ke surga. Karena itulah, Bunda Maria menjadi teladan hidup bagi semua umat beriman. Sebagaimana Maria diangkat ke surga karena pribadi dan teladan hidupnya, kita pun dapat ke surga jika mengikuti teladan hidupnya.

Sabda Tuhan hari ini mau mengatakan kepada kita bahwa kita juga akan ke surga suatu ketika. Rasul Paulus sudah meyakinkan kita, bahwa berkat kebangkitan Kristus kita akan diselamatkan. Tuhan, lewat sabda-Nya hari ini, menghendaki kita untuk meneladani Bunda Maria agar dengannya kita pun diangkat ke surga.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar