Jumat, 21 Juni 2013

Renungan Hari Jumat Biasa XI-C

Renungan Hari Jumat Biasa XI, Thn C/I
Bac I   : 2Kor 11: 18, 21 – 30; Injil         : Mat 6: 19 – 23

Sabda Tuhan hari ini mau mengajak kita untuk membangun semangat hidup sederhana sebagai ungkapan sikap rendah hati. Paulus, dalam suratnya yang kedua kepada jemaat di Korintus, mengritik semangat memegahkan diri atas hal-hal duniawi. Di sini orang jatuh dalam sikap sombong. Bagi Paulus tak ada yang perlu dibanggakan dari hal-hal duniawi itu. Itu suatu kebodohan. Paulus mencontohkan dirinya yang “bermegah atas kelemahanku.” (ay. 30).

Dalam Injil juga, Yesus menekankan sikap rendah hati. Yesus mengajak kita untuk tidak meletakkan kebanggaan pada barang-barang duniawi di mana “ngengat dan karat akan merusakkannya dan pencuri akan mencurinya.” (ay. 19). Yesus menunjukkan bahwa kebanggaan duniawi sia-sia, sekalipun kecenderungan kita adalah kesitu. Namun Yesus menghendaki agar kita lebih mengutamakan hal-hal yang ilahi, yang tak akan rusak atau hilang.

Pesan Tuhan dalam sabda-Nya hari ini adalah agar kita mau bersikap rendah hati dalam menyikapi hal-hal duniawi. Tuhan tidak melarang kita memiliki barang duniawi, namun hendaklah kita jangan jatuh ke dalam kesombongan akan barang duniawi itu.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar