Rabu, 29 Mei 2013

Renungan Hari Rabu Biasa VIII-C

Renungan Hari Rabu Biasa VIII, Thn C/I
Bac I : Sir 36: 1, 4 – 5, 10 – 17; Injil     : Mrk 10: 32 – 45

Dalam bahasa Kitab Suci, menuju ke Yerusalem, bagi Yesus, berarti menuju kepada kematian. Sementara kematian itu sendiri merupakan kemuliaan dan penebusan bagi umat manusia. Ada pertentangan antara kemuliaan (atas) dengan kematian (bawah). Bagi Yesus, untuk sampai di atas, orang harus mulai dari bawah.

Pertentangan inilah yang digunakan Yesus untuk memberi pelajaran bagi kita para murid-Nya. Dari “atas-bawah” Yesus masuk ke “tinggi-rendah”. Tinggi di sini untuk suatu posisi jabatan, dan rendah untuk sikap hati. Karena itu, Yesus menekankan agar siapapun yang menginginkan jabatan tinggi, hendaklah ia merendahkan diri. Untuk merendahkan diri orang mesti memiliki sikap rendah hati. Untuk membenarkan hal ini, Yesus memberikan contoh diri-Nya sendiri dalam misi kemuliaan-Nya. “Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang." (Mrk 10: 45).

Sabda Yesus hari ini mau mengajak kita untuk membangun sikap rendah hati dan menggunakan jabatan kita untuk pelayanan bagi banyak orang. Yesus menghendaki supaya pelayanan yang kita lakukan dalam kehidupan ini berdampak pada keselamatan orang lain.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar