Kamis, 18 April 2013

Merawat Helm

Cara Mencuci Helm
Bagi kita, tentulah sudah tak asing lagi dengan yang dinamakan helm. Banyak pengendara motor yang kesehariannya menggunakan helm saat mengendarai kendaraannya. Helm merupakan salah satu kebutuhan pokok selama kita berkendara, karena ia berkaitan dengan keselamatan kita. Helm juga merupakan salah satu persyaratan kelengkapan berkendaraan. Tidak menggunakan helm merupakan sebuah pelanggaran. Akan tetapi tetap harus disadari bahwa memakai helm bukan karena aturan, melainkan karena keselamatan.

Karena takut mendapat denda karena tidak memakai helm, maka kita terpaksa memakainya. Ternyata keseringan memakai helm ini membawa sebuah masalah kecil yang berdampak besar pada kenyamanan pemakainya. Karena sering memakai helm, apalagi di cuaca yang terik, maka kita akan meninggalkan keringat di bagian dalam helm. Mungkin perhatian pada perawatan helm masih rendah membuat keringat yang menumpuk di helm, ditambah dengan kelembaban, menimbulkan bau yang tak sedap. Hal ini bukan saja menimbulkan masalah yang sedap di hidung juga mengganggu rambut kepala kita.

Masalah ini dibaca oleh beberapa orang yang memiliki jiwa usaha. Mereka melihat masalah ini sebagai peluang bisnis. Maka, tidak heran kalau akhir-akhir ini kita sering menemukan jasa pencucian helm. Jasa ini menjadi bisnis yang diminati oleh mereka yang tergolong sibuk sehingga tak sempat memperhatikan kebersihan helm. Namun bagi yang ingin berhemat dan memanfaatkan waktu luang, lebih memilih untuk mecuci helm sendiri.

Berikut ini adalah cara mencuci helm:
1.        Siapkan helm yang akan dicuci.
2.        Lepas bagian-bagian yang dapat dilepas seperti kaca pentup wajah maupun penahan pipi.
3.        Ambil shampoo khusus helm atau bisa juga shampoo yang kita pakai sehari-hari dan ember.
4.        Campur shampoo dengan air hingga berbusa dengan menggunakan air dingin suhu normal, jangan menggunakan air air panas atau air dingin yang dicampur dengan air panas.
5.        Basahi bagian luar helm begitu juga bagian dalamnya, lalu basahi dengan air shampoo hingga berbusa.
6.        Untuk bagian dalam helm gosok hingga berbusa dan bersih dengan tangan supaya lapisan busa dalam helm tidak rusak, dan untuk bagian luarnya bisa digosok dengan spons pencuci piring yang masih bersih.
7.        Bilas helm dengan air bersih sampai benar-benar yakin sudah tidak ada busa shampoo yang tertinggal.
8.        Jemur helm di atas tatakan supaya air bisa mengalir ke bawah dan tidak meninggalkan bau serta noda yang disebabkan terjebaknya air dalam helm sehingga mengumpul di satu titik.

Demikianlah cara merawat helm. Semoga berguna!

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar