Minggu, 17 Februari 2013

Renungan Hari Minggu Prapaskah I-C

Renungan Hari Minggu Prapaskah I, Thn C/I
Injil       Luk 4: 1 – 13

Dalam Injil hari ini diceritakan bahwa Yesus berpuasa selama 40 hari. Selama berpuasa itu Yesus mendapat godaan dan cobaan. Cobaan itu datangnya dari Iblis. Ada tiga jenis godaan, yaitu mengubah batu menjadi roti, kekuasaan dan kemuliaan, serta mencobai Allah. Semua godaan itu bertentangan dengan kehendak Allah. Jadi, Yesus digoda untuk melawan kehendak Allah.

Akan tetapi Yesus berhasil mengatasi godaan dan cobaan itu. Apa yang ditampilkan Yesus ini tentulah bertentangan dengan apa yang pernah terjadi pada manusia pertama: Adam dan Hawa. Mereka gagal mengatasi godaan Iblis. Mereka akhirnya melawan kehendak Allah. Dan mereka jatuh ke dalam dosa. Yesus menunjukkan bahwa kehendak Allah harus menang atas kuasa Iblis.

Namun cukup menarik jika kita perhatikan kalimat terakhir dari teks Injil ini. "ia mundur dari pada-Nya dan menunggu waktu yang baik." (ay. 13). Saat itu memang Iblis kalah, namun Iblis tidak akan berhenti untuk menggoda Yesus.

Sabda Tuhan ini menjadi pelajaran berharga bagi kita yang sedang dalam masa prapaskah, masa puasa. Melalui sabda-Nya kita disadarkan bahwa dalam berpuasa kita akan mengalami juga godaan dan cobaan. Yesus saja dicobai, apalagi kita. Sama seperti Yesus, godaan itu mengajak kita untuk melawan kehendak Allah. Namun Injil menasehati kita untuk mengikuti teladan Yesus: berjuang mengalahkan godaan Iblis. Perjuangan melawan Iblis tidak hanya berhenti pada saat selesai masa puasa ini, karena Iblis pun akan tetap terus menggoda kita untuk melawan kehendak Allah. Ia menunggu waktu yang baik.

by: adrian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar